logo
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus, ut hendrerit mi pulvinar vel. Fusce id nibh

Mobile Marketing

Pay Per Click (PPC) Management

Conversion Rate Optimization

Email Marketing

Online Presence Analysis

Fell Free To contact Us
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus

1-677-124-44227

info@your business.com

184 Main Collins Street West Victoria 8007

0878 8573 8252 / 0812 8401 1392

insancerdas@gmail.com

Top

5 Persiapan untuk Menjadi Guru Les Privat

5 Persiapan untuk Menjadi Guru Les Privat

Menjadi guru untuk les privat Depok bukanlah hal yang sulit selama Anda tahu cara yang tepat. Apalagi, kebutuhan akan lembaga penyedia bimbingan maupun les privat masih diminati sampai sekarang. Anda mungkin tidak akan menemukan kesulitan kalau dulu pernah menjadi guru di sekolah. Lalu, bagaimana dengan mereka yang punya keinginan mengajar, tetapi tidak punya pengalaman sebagai guru?

Anda tidak perlu khawatir selama bisa memperhatikan tips menjadi guru les privat di bawah ini.

  • Memperhatikan dan Menjaga Penampilan

Meski lingkungannya tidak seformal di sekolah, Anda tetap harus menjaga penampilan. Anda mungkin tidak perlu menggunakan jas untuk terkesan resmi. Kemeja dan celana bahan bisa menjadi pakaian yang Anda kenakan di pekan pertama mengajar. Setelah Anda bisa beradaptasi dengan para murid, Anda bisa mengubah penampilan menjadi semi formal. Hal tersebut bisa membangun kedekatan dengan anak didik Anda. Selain pakaian yang dikenakan bersih, pastikan Anda juga tidak lupa madi dan menggunakan parfum secukupnya untuk menjaga penampilan.

  • Menyiapkan Materi untuk Mengajar

Status guru datang ke rumah tidak lantas membuat Anda lupa untuk menyiapkan bahan untuk mengajar. Persiapkan materi tersebut satu hari atau beberapa jam sebelum datang ke rumah para murid. Selain materi, Anda juga harus memperhatikan cara mengajar. Satu hal yang diharapkan para murid maupun orangtua yang menyewa guru les privat adalah atmosfer mengajar-belajar yang lebih santai. Maka dari itu, jangan sampai Anda memakai metode ala guru di sekolah formal. Bahkan kalau Anda punya bakat lain seperti stand up comedy, jangan segan untuk menggunakannya sebagai metode mengajar.

  • Memulai dengan Obrolan Ringan

Untuk menjalin kedekatan dengan murid, buka sesi mengajar dengan obrolan santai. Misalnya, Anda bisa menanyakan aktivitas mereka saat ada di sekolah. Lantas, kalau materi ajar Anda sama dengan mata pelajaran mereka hari itu, tidak ada salahnya untuk menghubungkannya. Jangan terlalu buru-buru masuk ke bahan pengajaran selama anak didik Anda masih tampak lelah. Setelah obrolan santai tadi berakhir, masuk ke tahap pengajaran secara perlahan. Ajak dia berinteraksi dengan menanyakan pendapat murid tadi tentang materi pelajaran dan diskusikan bersama-sama.

  • Posisikan Diri Sebagai Teman Belajar

Banyak murid dan orangtua yang berhenti memanggil guru les private SD SMP SMA karena gayanya yang masih sama dengan guru di sekolah. Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, penting bagi Anda untuk memposisikan diri sebagai teman belajar alih-alih guru. Sebelumnya, Anda harus menyesuaikan pendekatan berdasarkan jenjang sekolah murid tersebut. Anda juga harus tahu kebutuhan yang ingin mereka dapatkan dan tidak tersedia di sekolah. Selanjutnya, alih-alih menunjukkan rasa kesal karena mereka dapat nilai jelek, beri motivasi supaya mereka bisa lebih baik di kemudian hari.

  • Menanamkan Pendidikan Karakter

Anda harus memperhatikan kepribadian anak didik meski lingkungan les privat terkesan cukup santai. Salah satunya adalah menanamkan pendidikan karakter. Bagaimanapun, seseorang yang cerdas menguasai ilmu tetap harus dibarengi dengan pribadi yang baik pula. Hal ini cukup sulit ditanamkan di sekolah, karena seorang guru bisa memegang banyak murid dari kelas berbeda. Sedangkan Anda biasanya hanya memegang tiga hingga lima murid. Sehingga, Anda sanggup mengawasi dan mengarahkan mereka untuk membangun karakter yang lebih baik.

Semoga tips ini dapat berguna bagi Anda yang akan jadi guru di tempat les privat di Depok!

No Comments

Post a Comment