logo
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus, ut hendrerit mi pulvinar vel. Fusce id nibh

Mobile Marketing

Pay Per Click (PPC) Management

Conversion Rate Optimization

Email Marketing

Online Presence Analysis

Fell Free To contact Us
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus

1-677-124-44227

info@your business.com

184 Main Collins Street West Victoria 8007

0878 8573 8252 / 0812 8401 1392

insancerdas@gmail.com

Top

6 Cara ini Bisa Diterapkan untuk Persiapan Ujian Nasional

6 Cara ini Bisa Diterapkan untuk Persiapan Ujian Nasional

Mengikuti kelas tambahan di les privat Jakarta adalah salah satu persiapan menjelang Ujian Nasional (UN atau Unas). Kendati aturannya tidak seberat tahun-tahun sebelumnya, masih ada segelintir murid yang takut tidak lulus sekolah karena UN. Di sisi lain, hal ini juga bisa memantapkan mental para murid untuk menghadapi salah satu ujian penting di masa sekolah.

Lantas, ada beberapa hal yang bisa mereka diskusikan atau pelajari bersama guru di tempat les privat. Di antaranya adalah:

  • Mendiskusikan Kisi-kisi Ujian Nasional

Kisi-kisi merupakan bayangan dari materi ujian yang paling sering diminta oleh murid. Kumpulan soal dalam kisi-kisi tidak sepenuhnya mirip dengan soal dalam UN. Meski begitu, para murid biasanya akan termotivasi dengan memperoleh sejumput bayangan tadi. Maka, penting bagi guru privat Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA, dan lainnya untuk membimbing anak didik mereka. Salah satunya dengan memberi pemahaman terhadap materi yang bersangkutan.

  • Mengerjakan Soal dari UN Tahun Sebelumnya

Selain kisi-kisi, soal-soal dari Ujian Nasional sebelumnya juga bisa dipakai sebagai latihan mengerjakan soal. Jika kurikulumnya tidak berubah, maka kemiripan soal bisa cukup tinggi dari segi materi hingga penyelesaian. Namun, kalau ada perubahan kurikulum, bisa jadi kemiripan tadi tidak terjadi. Meski begitu, tetap pakai soal-soal tadi, karena setidaknya murid bisa mengetahui karakteristik dari soal-soal untuk UN yang akan mereka hadapi.

  • Menciptakan Mind Mapping

Salah satu cara kreatif yang bisa diterapkan murid dan guru di tempat les privat adalah membuat mind mappingMind mapping adalah pengemasan materi dari mata pelajaran dengan cara yang lebih ringkas dan mudah dipahami oleh para murid. Biasanya, materi dari mata pelajaran tersebut akan dibuat dalam bentuk seperti diagram yang disertai dengan penjelasan. Membuat mind mapping di tempat les private SD SMP SMA juga bisa menjadi hal menyenangkan untuk mencairkan suasana.

  • Membuat Kartu untuk Materi UN

Selain mengemasnya dalam bentuk diagram untuk mind mapping, materi ujian juga dapat dikemas dalam bentuk kartu. Para murid dapat menuliskan poin-poin penting dalam mata pelajaran tertentu dalam kartu tersebut. Karena ukurannya yang lebih praktis, mereka bisa membawanya ke mana pun selain di sekolah atau tempat les privat. Meski demikian, jangan salah gunakan kartu tersebut untuk bahan sontekan saat mengerjakan UN nanti.

  • Mengadakan Kuis Bersama Teman Les

Tekanan mendekati UN sering membuat para murid terlalu tegang dan stres untuk belajar. Untuk membuat suasana cair tanpa mengesampingkan sesi belajar, guru les bisa mengadakan kuis bagi para muridnya. Dalam hal ini, guru bisa mendiskusikan ketentuan untuk kuis tersebut bersama para anak didiknya. Lalu, pakai materi UN sebagai bahan kuis tadi. Individu atau grup manapun yang bisa menjawab pertanyaan terbanyak dengan benar akan dinyatakan sebagai pemenang.

  • Mempelajari Materi Secara Online

Perkembangan teknologi juga harus dimanfaatkan untuk hal-hal penting seperti persiapan UN. Di sesi ini, baik murid maupun guru les bisa memakai gawai seperti ponsel atau laptop dan koneksi internet yang cukup cepat. Kemudian, cari beberapa berita atau situs yang membahas tentang soal-soal untuk UN. Bahas materi-materi yang bersangkutan sampai tuntas. Para murid lantas bisa memakai hasilnya sebagai pegangan menjelang UN.

Enam cara di atas tentunya bisa berhasil kalau dibarengi kerjasama antara murid dan guru datang ke rumah.

No Comments

Post a Comment